• Jelajahi

    Copyright © Kupas Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    Mobile recent

    Peringati Hari Kanker Sedunia, Puskesmas Kec. Cilincing Buka Layanan IVA Test dan USG Payudara Gratis

    Selasa, 14 Februari 2023, Februari 14, 2023 WIB Last Updated 2023-02-14T01:38:02Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    JAKARTA, Kupas Fakta.com - Untuk memperingati Hari Kanker Sedunia, Puskesmas Kecamatan Cilincing bersinergi dengan para pemangku kepentingan menyelenggarakan kegiatan seminar awam sekaligus pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan USG payudara secara gratis.

    Tercatat, ada seratus peserta mengikuti kegiatan yang bertemakan mengenal kanker payudara dan kanker leher rahim atau serviks. 

    "Melalui kegiatan ini, saya berharap kepada masyarakat khususnya kaum perempuan agar dapat mengetahui dan lebih sadar tentang bahaya kanker," jelas Kepala Puskesmas Kecamatan Cilincing, dr. Raden Achmad Sigit di Aula Puskesmas Kecamatan Cilincing, Senin (13/2/2023). 

    Ia menegaskan, deteksi dini kanker payudara dan serviks itu perlu dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat gangguan kesehatan atau tidak.

    "Skrining kesehatan dengan SADARI, USG payudara, dan pemeriksaan IVA test termasuk cara yang efektif untuk mendeteksi dini. Jika terindikasi maka akan cepat dilakukan penanganan medis," tambahnya. 

    Langkah antisipasi bahaya kanker pada perempuan patut menjadi perhatian. 

    Hal ini ditanggapi langsung oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Utara, Yenny Nursanti.

    "Penyakit yang rentan pada perempuan bisa dihindari dengan cara mengubah pola hidup yang sehat dan melakukan berbagai upaya deteksi dini.

    Manfaatkan pemeriksaan IVA dan USG payudara yang tersedia di Puskesmas Kecamatan Cilincing untuk mengetahui perkembangan kesehatan organ dalam kita. Ini penting dan harus selalu diwaspadai," ungkap Yenny Nursanti didampingi Camat Cilincing, Anita Permata Sari. 

    Adanya layanan pemeriksaan IVA dan USG payudara secara gratis langsung dimanfaatkan oleh masyarakat di wilayah Kecamatan Cilincing. 

    "Ini sudah yang kedua kalinya saya ikut pemeriksaan IVA. Hasil pemeriksaan IVA pada tahun lalu tidak terlihat adanya indikasi kanker serviks. 

    Saat ini, saya coba cek lagi mudah-mudahan hasilnya juga bagus dan sehat," ujar warga RW 010 Kelurahan Semper Timur, Elisa. (Umar)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini