• Jelajahi

    Copyright © Kupas Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    Mobile recent

    Spesifikasi Barang Terpasang Tidak Sesuai Kontrak Perjanjian, Diminta Pj.Gubernur Copot Kasudin Pertamanan Jakut

    Senin, 06 Februari 2023, Februari 06, 2023 WIB Last Updated 2023-02-06T02:35:20Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    “Urugan Menggunakan Puing”, Kasudin Pertamanan dan Hutan Kota, Cristian Tamora,S.P.,M.A.P bersama  Kepala Irbanko Jakarta Utara, Junjung Hapoltakan Dinilai hanya pencitraan. Rab. (9/11/2022). Lokasi RTH Tipar Cakung 04 Semper .

    Jakarta,KupasFakta.com - Terkait Kegiatan Pembangunan RTH Tipar cakung 04, Surat Perintah Kerja/Surat Perjanjian kerja (SPK) antara Suku Dinas Pertamanan Dan Hutan Kota Jakarta Utara. Pelaksana dilapangan CV.Jason Putra Abadi, dengan harga penawaran Rp.2.805.408.476,00, dimulai  tanggal (09/05/2022) s/d (06/08/2022).Sembilan puluh (90) hari kalender, sarat dengan pengurangan volume.

    Diketahui pekerjaan tersebut sesuai dengan kontrak perjanjian tidak kunjung selesai, walaupun telah dilakukan addendum perpanjangan waktu, juga tetap tidak rampung, hingga  dengan perpanjangan waktu yang ke dua (2) kalinya dengan (addendum). Timbul pertanyaan. Berdasarkan kontrak perjanjian berapa persen bobot volume pekerjaan yang dibayar terhadap pelaksana ?

    Sekjen LSM-FORKORINDO (Lembaga Swadaya Masyarakat-Forum Komunikasi Rakyat Indonesia) Timbul Sinaga,SE. angkat bicara, “ dirinya menuding Kepala Suku Dinas Pertamanan Dan Hutan Kota Jakarta Utara, Cristian Tamora,S.P.,M.A.P, lebih memilih  untuk pencitraan dan mempertontonkan ketidak mampuannya dihadapan sejumlah awak media khususnya kepada masyarakat,” tegasnya dengan geram.

    Terkait tudingan yang dia maksud, “ bahwa pengerjaan pelaksanaan Taman RTH Taman Tipar Cakung RW 04 tidak sesuai dengan Bill Of Quantity (B&Q).

    Cristian Tamora,S.P.,M.A.P, mengajak sejumlah awak media dan LSM untuk melihat langsung ke lokasi pembangunan Pembangunan RTH Tipar cakung 04. Dirinya, memastikan sudah sesuai dengan speak yang direncanakan,” jelas Cristian.Rabu (9/11/2022).

    Cristian tidak menjelaskan secara spesifik, yang mana yang dimaksud dikerjakan sesuai spesifikasi ? Lantas untuk pengurukan menggunakan puing ?. Apakah itu yang dimaksud sesuai dengan spesifikasi. Belum lagi dengan item yang lainnya. Kita belum buka semuanya,” bebernya.

    “Dengan hadirnya Kepala Irbanko Jakarta Utara, Junjung Hapoltakan turun kelapangan,  memang tugasnya sesuai dengan tupoksinya.  Apakah kehadirannya  ke lapangan untuk melakukan pemeriksaan”.

    Hal tersebut patut dipertanyakan kredibilitasnya, selaku Kepala Irbanko Jakarta Utara. Ada hubungan apa dengan Cristian, apakah semua Kepala SKPD dikunjungi kelokasi?” tegas Sekjen LSM FORKORINDO.

    Untuk itu dirinya, “mendesak Pj.Gubernur DKI Jakarta Heru Budi untuk mencopot Kepala Suku Dinas Pertamanan Hutan Kota Jakarta Utara, dinilai tidak mampu bekerja, hampir semua kegiatan unit tersebut sarat dengan KKN dan terjadi Pengurangan Volume akibat ketidak mampuannya untuk mengendalikan jajarannya,” ujar Sekjen LSM FORKORINDO kepada sejumlah awak media.

    Dikatakan, “bobroknya sejumlah kegiatan  Sudin Pertamanan Hutan Kota Jakarta Utara, yang dilaksanakan Tahun anggaran 2022, sarat dengan pengurangan volume.

    Padahal sudah di sumpah sesuai dengan Peraturan Pemerintah No.53 Tahun 2010 tentang Pengawai Negeri Sipil, termasuk gaji yang diterima maupun Tunjangan Kinerja Daerah(TKD), bukankah itu uang rakyat  dibayar melalui  pajak hasil keringat rakyat,” sambungnya. 


    Tampak Pohonnya tidak mengacu pada Spesifikasi/RAB, ditenggarai item kegiatan  hanya asal jadi seperti  “1 m² pengolahan dan penggemburan tanah untuk tanaman hias dengan volume: 3.033,20 m². Pengadaan pupuk kompos dengan jumlah total: 417,40 krg.(1).Pohon Eucalptus deglupta:  jumlah 98 pohon. (2).Cempaka Putih  jumlah:91 pohon.(3).Pohon Krucutan, dengan tinggi 2-2,5 m jumlah: 40 pohon.

    Pantauan dilapangan, pelaksanaan kegiatan RTH JL.Raya Tipar Cakung Rw 004, Kelurahan Semper Barat Kecamatan Cilincing.Jakarta Utara, diduga tidak sesuai dengan Kerangka Acuan Kerja, gambar DED (Detail Engineering Design). maupun Rencana Anggaran Biaya.

    Pasalnya, sesuai dengan Rencana Induk Lansekap dengan Konsultan Perencanaan PT.Sekapar Bilikon ditanda tangani Direktur lengkap dengan stempel. Diketahui Kepala Suku Dinas Kehutanan Kota Administrasi Jakarta Utara, selaku Pejabat Pembuat Komitmen tanda tangan dan stempel. Disetujui  Kepala Seksi Perencanaan, hanya diatas kertas hasilnya jauh dari yang diharapkan mengacu pada (KAK) Kerangka Acuan Kerja, Gambar DED hingga Bill of Quantity (B&Q), tidak sebagus dengan perencanaannya..

     


    Bukti Kegiatan dilapangan “Tambal Sulam”  Lapisan Coating Pada Permukaan.Diduga pekerjaan tersebut Asal Jadi terindikasi penyimpangan anggaran. Pertanyaan. Berapa Persen yang dibayar kepada CV.Jason Putra Abadi ?. Jumat.(11/11/2022)

    Untuk Penanaman Pohon dan item yang lainnya, diduga tidak sesuai dengan spesifikasi kontrak perjanjian, banyak item kegiatan tidak dilaksanakan. Antara Lain: 

    ·        Tidak dilakukannya 1 m² pengolahan dan penggemburan tanah untuk tanaman hias : 3.033,20 m². termasuk untuk pengadaan pupuk kompos dengan jumlah total:  417,40 krg.

    ·        Untuk penanaman Pohon  Eucalptus deglupta, (nama local - Leda-Red) tinggi batang 0.4 s/d 0.45 dengan diameter batang 75 s/d 100 mm, jarak minimal 3,5 m, jumlah 98 pohon.

    ·        Untuk penanaman Cempaka Putih, dengan tinggi 2 m, Diameter 105 s/d 12 cm jumlah totalnya 91,00 pohon. Fakta dilapangan tidak ditemuakan.

    ·        Hal yang sama dengan penanaman pohon Krucutan, dengan tinggi 2-2,5 m dengan diameter 5-7,5 cm jumlah total 40,00 pohon.

    ·        Pohon Turi, tinggi batang 2.0 m, diameter 75s/d 100 mm, dengan jarak minimal 4.0 m, total jumlah :30 Pohon.

    ·        Pohon Terembesi, tinggi batang 2.0 m, diameter 100 s/d 200 mm, dengan jarak 5.0 m, total jumlahnya :17 dan lain-lainnya, kami tidak menemukan dilapangan.

    Hal yang sama juga dengan Penanaman Semak (Ground cover). Patut dipertanyaan, Spesifikasi  item di RAB (Rencana Anggaran Biaya)/ (B&Q) Bill of Quantity Terpasang. Hanya saja, dengan pelaksanaan dilapangan ditenggarai tidak sesuai dengan kontrak perjanjian dilapangan. Antara Lain:

    ·        Untuk penanaman semak  Murraya paniculata (nama local kemuning-Red), dengan tinggi  0.50 s/d 0.60 m, jarak 0.2m jumlah polybag  jumlah total : 3.604 dan spesipikasi 25 polybeg/m².

    ·        Untuk penanaman Philodenron Epipremnum Asureum, nama local - Philodendron Kuning, tinggi keseluruhan 0.20 s/d 0.30 dengan jarak 0.2 m, jumlah polybag jumlah total : 6.416. spesifikasi 29 polybeg/m².

    ·        Untuk penanaman Loropetelum Chinense F.Rubrum, nama lokalnya Loropetalum, tinggi 0.30 s/d 0.50 dengan jarak 0.2 m. jumlah polybag jumlah total : 1.045, spesipikasi 29 polybeg/m².

    ·        Untuk penanaman Jasminum Officinala, nama lokalnya melati gambir dengan tinggi 0.40 s/d 0.50 jarak 0.2 meter jumlah polybag jumlah total : 1.233, spesipikasi 29 polybag/m².

    ·        Untuk penanaman Crinum asialicum, bahasa lokalnya bakung air mancur. Dengan tinggi 0.30 s/d 0.40 dengan jarak 0.15 meter. Jumlah polybag 630, dengan spesikasi 45 polybag/ m².

    ·        Untuk penanaman  Canna Sp bahasa lokalnya Kana presiden, dengan tinggi 0.40 s/d 0.45 dengan jarak 0.25. jumlah keseluruhan  polybag jumlah total: 1.353 dengan spesikasi 30 polybag/m².

    ·        Untuk penanaman Philodendron kuning, dengan tinggi 20 s/d 30 cm jumlah total : 6.416,00 pot.

    Tidak hanya itu, “bahwa terdapat item pekerjaan yang sudah selesai, namun spesifikasi barang/item yang digunakan, namun tidak sesuai dengan spesifikasi. Misalnya: untuk penanaman rumpat.Antara lain:

    ·        Untuk penanaman Pennisetum pupureum schamach nama local Cow Grass, dengan ukuran lempeng 0.1 x 0.1 meter dengan jarak tanaman rapat jumlah total : 3.180.

    Belum lagi dengan beberapa item kegiatan seperti pekerjaan : Perkerasan Playground, Pekerjaan Perkerasan dan Furniture, Pekerjaan Area Plaza, Pekerjaan Area Jogging Track, Pekerjaan Reflexologi Path, Pekerjaan Sanggar, Pekerjaan Bazar, Pekerjaan Rumah Pompa, Pekerjaan Furniture Lansekap, Pekerjaan Signage Petunjuk Arah, Pekerjaan Drainase/ Geopipe.

    Hingga berita ini diturunkan, Kepala Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Utara selalu bungkam dan tidak memberikan  respon, saat dihubungi lewat WhatsApp miliknya. (Parulian/Tim)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini