• Jelajahi

    Copyright © Kupas Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    Mobile recent

    Tim Penilai Lomba Kinerja Senang Kelurahan Jaticempaka Terpilih Juara Lomba Kinerja

    Sabtu, 18 Maret 2023, Maret 18, 2023 WIB Last Updated 2023-03-18T02:43:56Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Kupas Fakta .com, (Kota Bekasi) – Kelurahan Jaticempaka terpilih menjadi salah satu kelurahan yang mewakili Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi dalam Lomba Kinerja Kelurahan tahun 2023 yang digelar Pemerintah Kota Bekasi.

    Tim penilai pun datang untuk melakukan penilaian di halaman Kantor Kelurahan Jaticempaka, Kecamatan Pondokgede, Kota Bekasi, Selasa (14/03/2023).

    Adapun tim penilai lomba kinerja kelurahan tingkat Kota Bekasi tahun 2023 dari Setda Pemerintah Kota Bekasi yang diketuai Kepala Bagaian Tata Pemerintahan, Lia Erliani. Tim yang dipimpin Lia Erliani didampingi Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah dan Lurah Jaticempaka Amir beserta staf berkeliling meninjau langsung wilayah yang menjadi objek penilaian.

    “Ini adalah Lomba Kinerja Kelurahan Tingkat Kota Bekasi. Yang masuk ke tahap penilaian untuk klarifikasi ke lapangan ada 10 kelurahan,” jelas Lia Erliani.

    Lia menyebutkan, ada 3 kriteria penilaian pada lomba, yaitu meliputi pelayanan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan.

    “Penilaiannya dilihat dari Administrasinya bagaimana, kemudian lurah mampu membangun sinergi dengan seluruh komponen baik internal maupun eksternalnya, bagaimana ia membangun hubungan koordinasi dengan perangkat daerah dan dengan atasannya,” imbuhnya.

    Lia menjelaskan, inovasi lurah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tugasnya juga menjadi titik penilaian.

    Lomba kinerja kelurahan ini dilakukan secara berjenjang. Pertama penilaiannya dilakukan di tingkat kecamatan, dan masing-masing kecamatan mengirimkan 2 perwakilan untuk ke tingkat kota.

    “Dari 12 kecamatan yang ada di Kota Bekasi, hanya 10 kelurahan dari 8 kecamatan yang dinyatakan lolos seleksi sejak tingkat kecamatannya,” tandas Lia.

    Sementara itu, Lurah Jaticempaka, Amir menjelaskan, bahwa Kelurahan Jaticempaka selalu bersinergi bersama tiga pilar, yaitu TNI, Polri, dan para OPD untuk memberikan pelayanan terpadu kepada masyarakat, pembangunan maupun kemasyarakatan, serta menciptakan rasa aman dan nyaman.

    “Untuk klarifikasi lapangan, Kelurahan Jaticempaka memiliki inovasi-inovasi yang dikunjungi tim penilai untuk dilakukan rechecking,” jelasnya.

    Adapun lokasi klarifikasi lapangan tersebut ialah Posyandu Seroja RW 007, Kampung KB RW 011, Rumah Sehat RW 011, Taman Obat Keluarga (TOGA) RW 011, PAUD dan Taman Bacaan RW 007, Pos Kamling RW 001, Tempat UMKM Unggulan Gerak Tani RW 010, Koperasi Berprestasi RW 010, Kebun Ketahanan Pangan RW 011, Posko Bencana Sekretariat RW 007, Seni Budaya RW 006, dan Destinasi Wisata Kolam Renang Permata Timur II RT 009 RW 002.

    Kategori Pelestarian Lingkungan Hidup: Taman Depan Masjid Daarul Hikam RW 007, Green House Flora Sari Nursery milik Petris dan Sembiring, Kolam Ikan Bio Flog RW 004. Dan kategori Inovasi: TPS3R RW 011 dan Early Warning System (EWS) Banjir RW 007.

    “Kita sangat menyambut baik tim penilai, dan memang kita mempunyai potensi-potensi di wilayah untuk dilombakan,” ujar Amir.

    Amir berharap Kelurahan Jaticempaka meraih juara. Akan tetapi semua dikembalikan kepada juri. Baginya peran aktif masyarakat Jaticempaka adalah hal yang terpenting.

    “Terpenting lagi kami dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, kami memberikan pelayanan secara responsif setiap waktu,” katanya.

    Amir menyebutkan, lomba kinerja kelurahan ini sudah dilaksanakan mulai dari tahap awal sampai dengan pengecekan di lapangan.

    “Kita masuk 10 besar. Ada beberapa RW yang kita unggulkan berkaitan dengan potensi yang ada, walaupun se Kelurahan Jaticempaka ini potensinya memang hampir merata. Kedepannya pastinya kita akan melakukan perbaikan. Dengan hadirnya tim pastinya ada sedikit yang harus kita perbaiki,” paparnya.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Camat Pondokgede Zainal Abidin Syah, Kepala Bagaian Tata Pemerintahan Kota Bekasi Lia Erliani, OPD yang terlibat dalam  penilaian, danramil, kapolsek, lurah se Kecamatan Pondokgede, Kepala UPTD Pajak dan Retribusi, UPTD Wilayah Pengendalian Penduduk, Kepala RSUD Pondokgede, Kepala Puskesmas se Kecamatan Pondokgede, Kepala UPTD Pengawasan Bangunan, korlap lalin, kordinator PP, korlap Satpol PP, UPTD Kebersihan, TP PKK Kecamatan, TP PKK Kelurahan, Karang taruna, KNPI, LPM, BKM, PKK, Ketua RW, RT Karang Taruna dan para tokoh. (Jks)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini