• Jelajahi

    Copyright © Kupas Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    Mobile recent

    Pergelaran Semarak Seni Negeri Antara Didukung Penuh DPRA, Rijaludin SH, MH

    Sabtu, 13 Mei 2023, Mei 13, 2023 WIB Last Updated 2023-05-14T21:44:34Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Gayo Lues, kupasfakta.com - Kegiatan semarak Seni Negeri Antara ini pusat penggelarannya di Balai Musara malam pukul 20;00 Wib, Jum'at 12/5/2023.

    RIJALUDIN SH MH menerangkan, sasaran dalam memfasilitasi Wadah Pertunjukan Seni Teater Rakyat Kabupaten Gayo Lues adalah upaya membangun Budaya melalui pembentukan karakter dan belajar berinteraksi sosial lewat tokoh dalam alur sebuah cerita yang diperankan pada panggung pertunjukan.

    Lanjutnya, ingin mengeratkan komunikasi dengan para sesama Insan Seni agar terus bersinergi mendorong semangat generasi muda, khususnya di Gayo Lues untuk mengeksplor potensi diri dan melahirkan karya kreatif dalam rangka pengembangan kebudayaan lewat Seni Teater.

    Pergelaran semarak Seni Negeri Antara ingin mengajak masyarakat untuk lebih peka dalam menggali berbagai cerita cerita rakyat di sekitar kita, yang memiliki nilai kearifan lokal yang dapat membantu mencegah tergerusnya adat dan tradisi di kalangan generasi muda,” ungkapnya.

    Ia menjelaskan, ada pun rangkaian kegiatan yang akan ditampilkan pertama, Pentas Apresiasi Teater. Pentas Apresiasi Teater ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk pagelaran dan pertunjukan yang dikemas dengan konsep pertunjukan Kesenian Teater.

    Diharapkan dengan adanya Kegiatan Pentas Apresiasi Teater, mampu menjadi ruang apresiasi dan promosi bagi para seniman, untuk terus berkarya, sehingga dapat berdampak positif bagi kemajuan daerah,” ujarnya.

    Penampilan Teater Festival, ia menjelaskan kegiatan ini merupakan pagelaran seni pertunjukan teater yang akan dilaksanakan dalam bentuk perlombaan, peserta yang berpartisipasi merupakan perwakilan dari Sekolah Menengah Akhir (SMA) sederajat di wilayah Kabupaten Gayo Lues, dengan bentuk setiap grup akan menampilkan Kesenian Teater dengan ciri khasnya masing-masing yang sesuai dengan latar belakang/ciri khas setiap grup.

    Diharapkan, dengan adanya Kegiatan Festival Teater mampu menciptakan kreativitas masyarakat khususnya para generasi muda untuk terus melestarikan kesenian di Aceh. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan peningkatan kegiatan pelestarian seni secara lebih meluas, dan juga sebagai media mempromosikan kekayaan kesenian khusunya Seni Teater yang telah diwariskan leluhur kita sebelumnya,” tambahnya.

    Kegiatan Parade Teater Masyarakat Gayo ini, dilakukan dalam rangka menjadikan teater sebagai kesenian yang dapat hadir beriring dengan perkembangan jaman. Pertunjukan teater kali ini dikemas dalam bentuk sebuah parade yang bernuansa otentik kontemporer.

    Kegiatan Semarak Seni Negeri Antara  ini akan dilaksanakan pada 12 s.d 13 Mei 2023 di Balce Musara, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues yang ber-tema “Bersama kita rukun, berseni kita bahagia” dengan melibatkan group kesenian teater dan para pelajar di Kabupaten Gayo Lues serta stakeholder lain, tutupnya. (Firmansyah.Hrp)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini