• Jelajahi

    Copyright © Kupas Fakta
    Best Viral Premium Blogger Templates

     


    Iklan

    Mobile recent

    SMPN 1 Blangpegayon buka kegiatan kurikulum merdeka dengan metode LKPD

    Rabu, 31 Mei 2023, Mei 31, 2023 WIB Last Updated 2023-05-31T13:27:12Z
    masukkan script iklan disini
    masukkan script iklan disini

    Gayo Lues, kupasfakta.com - Salah satu program pemerintah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah kurikulum merdeka yang berbasis pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ),kegiatan tersebut pun di laksanakan SMP negeri 1 Blangpegayon Rabu 31/5/2023.

    Kepala sekolah SMPN 1 Blangpegayon Nurhapni Siregar S.Pd.M.Pd mengatakan,

    Dalam kegiatan tersebut para pendidik yang hadir 21 orang dengan Nara sumber Mulai Arifin Aziz,S.Pd yang merupakan pengajar peraktik angkatan 6 jelasnya.

    Nurhapni kembali menjelaskan materi dari kegiatan tersebut,Telah dilakukan penelitian tentang pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis masalah pada pokok bahasan cermin. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 1 Blangpegayon dengan menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian research and development (R & D). Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest dan posttest group.

    Lanjutnya,Teknik pengambilan sampel dengan pusposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan dengan pretest dan posttest untuk hasil belajar dan motivasi. Angket untuk mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis masalah. Hasil uji normalitas dan homogenitas menunjukkan bahwa data homogen dan berdistribusi normal. Oleh karena itu, uji beda rata-rata terhadap N-gain hasil belajar antara kedua kelas menggunakan uji t. Hasil uji t diperoleh t-hitung > t-tabel (4,91>2,046) yang artinya terjadi perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas. 

    Sambungnya, Nilai rata-rata N-gain hasil belajar dan motivasi untuk kedua kelas eksperimen sebesar 50,92 termasuk kategori sedang, sedangkan untuk kelas kontrol diperoleh N-gain sebesar 32,5 termasuk kategori sedang. Peserta didik juga memberikan respon yang positif terhadap penggunaan LKPD, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan LKPD berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar dan motivasi peserta didik jelasnya.(Firmansyah, HRP)

    Komentar

    Tampilkan

    Terkini